Senin, 10 Oktober 2011

Google Panda

Google panda adalah update dari algoritma google, maksudnya deretan kode program yang menjalankan sistem pengindeks search engine google sebagai pengganti algoritma sebelumnya. Google panda ini sudah terlebih dulu hadir di luar negeri sejak 28 February 2011, dengan google panda, search engine google telah melakukan update algoritma sehingga bisa mengapus konten-konten yang dianggap kurang berkualitas. Google panda sudah mulai banyak mempengaruhi posisi search engine.
Tujuan google panda adalah memberikan hukuman bagi situs atau blog dengan konten jiplakan (duplikat content atau copy paste) dan konten tak berkualitas. Dampaknya bisa dirasakan mulai beberapa hari yang lalu yaitu salah satunya dibanned dan tak terindeksny blog-blog yang berdomain co.cc. Karena disinyalir blog yang berdomain gratis itu banyak digunakan untuk domain co.cc banyak digunakan untuk Automatic Generated Content (AGC), Malware, Spam, dan Splog. Sehingga situs atau blog yang menempati halaman pertama pencarian google bisa dipastikan adalah situs yang berkualitas dan relevan. Pendek kata, google panda sedang melakukan bersih-bersih sehingga nantinya search engine google yang paling banyak digunakan manusia ini ketika melakukan pencarian mendapatkan hasil yang sesuai dengan keinginan yang berkualitas. Kepercayaan kepada search engine google menjadi lebih meningkat dan akan lebih banyak yang menggunakannya.
Google panda akan menjadi sahabat bagi blogger yang blogging dengan jujur dan baik dan akan menjadi musuh bagi blogger yang sering berbuat curang untuk bisa tampil di halaman pertama hasil pencariaan mesin pencari google. Saya sempat khawatir juga dengan google panda ini, karena ada beberapa postingan di blog ini duplikat di blog saya yang lain. Ceritanya adalah dulu saya memindahkan postingan saya yang ada di wordpress ke blogdetik. Duplikat konten adalah salah satu yang harus dihindari untuk menghadapai google panda. Lalu apa lagi yang haru kita lakukan untuk menghadapi google panda?
1.Membuat konten yang original (asli). Jangan melakukan copy paste atau duplikat konten karena duplikat konten adalah target utama dari google danda ini. Jika sudah terjadi duplikat konten, hapuslah salah satu atau memblok konten tersebut sehingga sehingga tidak diindeks oleh google. Perlu diketahui juga satu halaman mempengaruhi halaman lain. Jadi jika ada satu halaman yang tidak berkualitas mempengaruhi kualitas situs atau blog di mata google secara keseluruhan. Google sangat menyukai jika ada konten-konten yang ada di blog kita itu baru bukan hasil copy paste dan diupdate secara teratur. Buat juga konten yang lebih variatif, tidak hanya teks tapi juga gambar (photo) yang ditambahkan ALT pic, dan video.
2.Jangan memasang terlalu banyak widget atau iklan. Karena dengan widget yang banyak selain membuat pembaca kurang fokus juga akan membuat blog kita menjadi berat, loadingnya lama dan itu tidak disukai oleh google panda. Buatlah navigasi yang mudah dan bersahabat sehingga pembaca mudah menelusuri isi blog. Algoritma google panda adalah robot. Jika terlalu banyak widget atau iklan di posting blog maka secara otomatis yang akan dibaca sebagai konten oleh robot Google.
3.Membuat atau mencari backlink yang berkualitas dan variatif. Perhatikan saat memberikan in bound link dan out bond link, keduanya haruslah sesuai atau relevan dengan tulisan atau blog kita. Jangan sampai tulisannya tentang blog, eh ada link yang mengarah yang tidak sesuai dengan bahasan. Cari backlink dari blog-blog yang memiliki page rank lebih baik (tinggi) dari blog kita dengan cara blog walking dan berkomentar yang cerdas. Di era sosial media seperti ini juga manfaatkan untuk mendapatkan backlink, misal dari twiiter dan facebook.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Copyright © non blog Design by Free CSS Templates | Blogger Theme by BTDesigner | Powered by Blogger